FAQ Pengaduan Masyarakat dan Pengaduan Tindak Pidana


Pertanyaan :

Siapa yang boleh menyampaikan pengaduan melalui website ini?

Jawaban :

Siapapun dapat menyampaikan laporan pengaduan mengenai dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela yang dilakukan oleh oknum kepolisian khususnya Polrestabes Semarang

Sepanjang Anda memiliki pengetahuan, informasi atau keterangan mengenai suatu dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela yang dilakukan oleh oknum kepolisian khususnya Polrestabes Semarang, Anda dapat menyampaikan pengaduan Anda, meskipun Anda bukan merupakan pihak yang terkait langsung dengan dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela tersebut.

Pertanyaan :

Bagaimana cara menyampaikan pengaduan?

Jawaban :

  1. Isilah kolom-kolom yg tersedia pada fitur pengaduan yang tersedia dalam website ini.
  2. Uraikan tindakan/perbuatan Jaksa atau Pegawai Kejaksaan yang Anda laporkan pada kolom Pengaduan. Upayakan Anda menuliskannya dalam bahasa Indonesia yang baik dan jelas, dengan memuat peristiwa yang berkaitan dengan tindakan/perbuatan yang dilaporkan secara kronologis dan sistematis.
  3. Untuk memudahkan tindak lanjut terhadap pengaduan Anda, pastikan Anda mencantumkan informasi-informasi sebagai berikut:
    • Nama Terlapor (Polisi / Pegawai Polrestabes yang Anda laporkan),
    • Satuan kerja tempat Terlapor bertugas, dan
    • Nama Tersangka/Terdakwa/materi perkara yang berkaitan dengan pengaduan yang Anda sampaikan (jika tindakan/perbuatan yang dilaporkan berkaitan dengan penanganan suatu perkara).

Anda juga dapat melampirkan dokumen-dokumen dalam bentuk file elektronik sebagai bukti/keterangan dari pengaduan yang Anda sampaikan dengan fasilitas upload dokumen yang tersedia pada fitur Pengaduan.
Pengaduan » FAQ