Resmob Polrestabes Semarang Amankan Pelaku Pembobol Rumah

Thursday, 14 June 2018

Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang berhasil menangkap dua pencuri dengan sasaran rumah-rumah di Kota Semarang. Pelaku Feri Riyanto (33) warga Genuk dan Sugiarto (25) warga Semarang Utara ditangkap terpisah pada Rabu (16/5) sekitar pukul 18.30 WIB. Feri ditangkap di SPBU Trengguli Demak, semantara Sugiarto di Setos Semarang Tengah. Anggota Resmob Polrestabes Semarang berhasil menyita barang bukti berupa tiga laptop dan satu sepeda motor Honda Beat. 

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji, SIK., mengatakan kedua pelaku itu beraksi bersama tiga rekannya, yakni Heri (35) warga Semarang Utara, Rizal (28) warga Pedurungan dan Gabriel (34) warga Pedurungan. "Satu orang masih buron yaitu Heri, sedangkan Rizal dan Gabriel sudah ditangkap lebih dahulu atas kasus lain. Kini mendekam di sel Polsek Pedurungan," ungkapnya saat Konferensi pers di Mapolrestabes Semarang pada Rabu (6/6/18).
 
Sebelum ditangkap, para pencuri dengan sasaran rumah warga tersebut beraksi di tiga lokasi di Kota Semarang yaitu di sebuah toko di Jalan padi Utara, Genuk, rumah di jalan Kencono Wungu Semarang Barat, dan rumah di Pusponjolo Barat Bojongsalaman Semarang Barat. "Beberapa pekan sebelum tertangkap, mereka beraksi di tiga lokasi tersebut. Ada perhiasan emas, liontin, laptop, dan motor yang berhasil dibawa kabur pelaku," jelasnya. Kapolrestabes Semarang juga membeberkan bahwa sebelum beraksi para tersangka sudah merencanakan dengan matang. "Mereka muter-muter cari sasaran. Setelah menemukan rumah dalam kondisi sepi, para pelaku tersebut langsung mendekat," ujarnya. Pelaku kemudian mencongkel pintu rumah dan masuk ke rumah tersebut. "Mereka langsung mengambil barang berharga milik pemilik rumah," ungkapnya. 
 
Pelaku kemudian menjual barang curian tersebut namun belum semuanya berhasil terjual, pelaku sudah tertangkap. Dalam kasus ini pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam hukuman paling lama tujuh tahun penjara.